Setelah Prancis kalah 0-2 dari Spanyol, Umtiti mengulas pertandingan di RMC. Dia yakin bahwa tim Prancis memiliki masalah yang jelas dalam organisasi taktis, menekan secara keseluruhan, dan penanganan bola, sekaligus mengakui bahwa Spanyol memainkan pertandingan yang sangat baik di semua level.

Apa yang ingin Anda sampaikan pertama kali? Apakah menurut Anda apa yang terjadi malam ini terutama adalah masalah taktis?
Umtiti: Ya, itu adalah masalah taktis. Yang saya lihat adalah bahwa dalam 5 hingga 10 menit pertama pertandingan, Prancis memulai dengan baik dan bermain dengan intensitas. Tapi setelah kebobolan gol, permainan berubah total, dan kami kehilangan ketenangan. Dari perspektif taktis, ini bukan lagi masalah "menurut saya," tetapi sesuatu yang bisa dilihat semua orang: kami terus-menerus berlari, tetapi kami tidak tahu bagaimana berlari lebih efektif sebagai sebuah tim. Melawan tim dengan kemampuan teknis yang sangat baik, Anda harus menekan hingga batas maksimal, tetapi kami tidak melakukannya, dan itulah kenyataannya.
Para pemain di lapangan harus menemukan cara mereka sendiri, atau lebih tepatnya, menemukan cara yang tepat untuk melakukan tekanan ini dengan lebih baik. Mereka memang banyak berlari, tetapi ketika kami mendapatkan bola, kami sama sekali tidak memiliki kendali. Dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya, hampir tidak ada kendali.
Beberapa mungkin mengatakan lawan adalah Spanyol. Tapi saya sangat yakin bahwa tim Prancis ini memiliki kemampuan untuk mengontrol permainan dan tidak seharusnya kehilangan penguasaan bola begitu cepat. Kami membuat terlalu banyak kesalahan, dan penanganan teknis di semua level tidak cukup akurat; saya tidak melihat tim yang tenang dan terorganisir.
Tamu: Jujur saja, Sam, dari perspektif teknis, alasan Prancis membuat banyak kesalahan adalah karena Spanyol bermain dengan tempo yang lebih cepat dan menekan Anda lebih cepat. Mereka lebih baik dalam menggunakan bola dan memiliki umpan yang lebih baik. Baik itu jalur umpan, posisi pemain, atau pergerakan secara keseluruhan, mereka lebih terkoordinasi daripada kami. Sam, Anda benar-benar mendapat pelajaran dari lawan, pelajaran yang bagus memang.
Umtiti: Jika kita melihatnya dari perspektif itu, saya setuju mereka memang tampil lebih baik dari kami, baik di level taktis...
Level taktis adalah level taktis.
Umtiti: Ya, dan level teknis juga. Tapi maksud saya, ketika Prancis menguasai bola, Spanyol tidak menguasai bola.
Tamu: Tapi harus saya katakan, dari sudut pandang taktis, baik itu intensitas permainan atau posisi pemain, termasuk bagaimana mereka membatasi kami dan mencegah kami membangun serangan, mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik.
Umtiti: Tentu saja, tidak ada keraguan tentang itu. Tetapi di level ini, kita harus mengandalkan kemampuan teknis kita sendiri untuk memecahkan masalah. Posisi kita juga tidak bagus. Saya bisa melihatnya dengan jelas dari tribun; para pemain keluar dari posisi, dan terlalu banyak yang berada di belakang bola.
Lalu bagaimana Anda menjelaskannya? Sam, saya ingin menanyakan sebuah pertanyaan kepada Anda. Di awal Piala Dunia FIFA, salah satu topik pertama yang kami diskusikan adalah kapan Prancis akan sepenuhnya menerima gagasan memainkan empat pemain menyerang di depan. Kemudian, kami secara bertahap menerima pengaturan ini. Tetapi pada saat itu, kami bertanya-tanya, ketika Prancis menghadapi tim yang benar-benar kuat – jujur saja, Prancis belum pernah menghadapi lawan seperti itu sebelumnya – haruskah mereka mengerahkan gelandang tambahan untuk mendapatkan lebih banyak kendali? Atau setidaknya menciptakan lebih banyak tantangan bagi lawan dan lebih intens dalam perebutan penguasaan bola? Misalnya, memainkan Rabiot, Tchouaméni, dan Koné bersama dan mengeluarkan satu pemain menyerang. Apakah Anda ingat? Kami membahas masalah ini di beberapa pertandingan pertama.
Umtiti: Saya ingat.
Jadi setelah menonton pertandingan malam ini, apakah itu mengembalikan solusi yang kami diskusikan di awal Piala Dunia FIFA? Apakah Anda merasa bahwa memainkan gelandang tambahan mungkin merupakan salah satu solusi untuk dicoba malam ini?
Umtiti: Mungkin saja. Tapi saya masih percaya bahwa tim Prancis bisa menggunakan sistem ini, dengan empat pemain menyerang di lapangan pada saat yang bersamaan. Terutama karena, menurut saya, penampilan Rabiot di pertandingan ini...
Tamu: Gaya bermain ini membutuhkan persiapan yang lebih matang.
Umtiti: Ya, mungkin. Tapi lihat Rabiot di pertandingan ini; meskipun dia menerima kartu kuning, dia melakukan banyak tekel. Dalam hal ini, dia tampil baik dan memang merebut banyak bola. Dan selama periode itu, mereka bagus dalam memenangkan bola.
Tamu: Tapi dia menempatkan dirinya dalam... Saya tidak ingin mengatakan sepenuhnya di zona merah secara fisik... Tamu lain: Dia memaksakan dirinya ke dalam situasi sulit, itulah mengapa dia mendapat kartu kuning, karena dia terlalu banyak berlari.
Umtiti: Tidak, bukan begitu. Menurut pendapat saya, dia melakukan gerakan itu pada saat itu. Mungkin dia bisa memenangkan bola dengan cara lain, tetapi dia memang bisa merebut kembali bola, itu bagus. Masalahnya adalah setelah Prancis mendapatkan bola, mereka dengan cepat kehilangan bola lagi, tanpa kendali sama sekali. Jadi menurut saya Prancis memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem ini dan memiliki pemain-pemain ini di lapangan pada saat yang bersamaan.
Saya ingin menanyakan sebuah pertanyaan kepada Anda. Anda bermain untuk Barcelona untuk waktu yang lama dan lebih tahu sepak bola Spanyol daripada kami. Anda mengatakan Prancis bisa bermain seperti ini, tetapi menurut saya, dengan gaya bermain Prancis saat ini, itu tidak mungkin. Jika kita mengesampingkan emosi dan melihat ini secara objektif, seperti yang saya katakan sebelum Anda datang, Anda tahu lebih baik dari kami bahwa pemain Spanyol telah tumbuh bersama sejak kecil, dan mereka selalu bermain seperti ini. Tahun lalu – tidak, dua tahun lalu di Olimpiade, pemain muda mereka bermain seperti ini, dan mereka melanjutkan metode ini di tim nasional senior. Prancis telah bermain dengan gaya saat ini di bawah Deschamps hanya sekitar satu setengah tahun. Setelah menonton pertandingan ini, secara objektif, apakah Anda benar-benar berpikir Prancis bisa melakukannya dengan cara ini?
Umtiti: Tidak seperti Spanyol. Prancis tidak pernah bermain seperti itu, juga tidak dalam pertandingan sebelumnya.
Saya tidak mengatakan Prancis harus bermain seperti Spanyol, tetapi Anda baru saja menyebutkan masalah teknis. Anda tahu betul bahwa kemampuan teknis juga mencakup apakah tubuh Anda berorientasi dengan benar saat menerima bola, apakah Anda dapat terus-menerus berpartisipasi dalam mengoper dan menerima, dan apakah Anda dapat terus-menerus membentuk kombinasi segitiga.
Umtiti: Ya, itulah mengapa saya mengatakan Prancis harus bermain dengan cara yang berbeda, mereka harus menemukan pendekatan yang berbeda untuk menghadapi Spanyol. Tapi saya tidak pernah mengatakan Prancis harus memecahkan masalah melalui kombinasi berkelanjutan antara dua atau tiga pemain, seperti Spanyol. Saya tidak mengatakan itu.
Maksud saya, kami bahkan tidak bisa menangani umpan-umpan paling dasar. Bahkan umpan maju sederhana pun, kami tidak bisa menyelesaikannya dengan akurat. Saya tidak berbicara tentang menemukan pemain yang terbuka melalui kombinasi berkelanjutan dari dua atau tiga. Prancis tidak akan pernah bermain seperti Spanyol, juga tidak akan mencoba cara itu. Itu ada dalam DNA sepak bola Spanyol, dan tidak ada masalah dengan itu. Tapi di pertandingan sebelumnya, kami bisa menemukan pemain di sayap, dan juga pemain di ruang antara lini.
Tapi itulah masalahnya...
Umtiti: Oke, baiklah. Pada akhirnya, ini hanya pendapat pribadi saya. Saya tidak peduli apakah lawan adalah Spanyol, saya sungguh tidak peduli.
Karena mereka bisa menguasai bola.
Umtiti: Maksud saya, pada saat-saat tertentu, itu bahkan bukan karena mereka menekan kami dengan cepat, tetapi karena kami terlalu santai dalam penanganan bola. Kami terlalu lambat dalam menangani bola dan membutuhkan terlalu banyak waktu. Pada saat kami siap mengoper, kami sudah terblokir oleh lawan.
Jadi bagaimana Anda menjelaskan "kesantaian" yang Anda sebutkan ini?
Umtiti: Saya tidak bisa menjelaskannya, saya tidak tahu. Tim mana pun bisa mengalami pertandingan yang buruk, dan Prancis kebetulan mengalaminya di semifinal. Itu saja. Tapi saya ulangi, Spanyol memainkan pertandingan yang sangat bagus di semua level. Terutama dalam memenangkan kembali penguasaan bola, mereka melakukannya dengan sangat baik dan menyebabkan banyak masalah bagi kami.
Diterjemahkan oleh AI.
Situs web AF kini hadir! Lihat berita lengkap, komentar, detail pertandingan, dan statistik di komputer Anda. Kunjungi: www.allfootballapp.com
Prancis
Spanyol
Samuel Umtiti
FIFA World Cup
Semua Komentar (5)
Hari ini 11:55
Hari ini 11:59
Hari ini 11:37
Hari ini 11:37
Hari ini 11:27